Hubungan Kualitas Pelayanan di Bagian Pendaftaran Dengan Kepuasan Pada Pasien Rawat Jalan di RSIA Muhammadiyah Kota Probolinggo
DOI:
https://doi.org/10.59141/jsi.v6i01.70Keywords:
Kualitas, pelayanan, kepuasan pasienAbstract
Penilaian terhadap kualitas pelayanan tidak hanya dilihat dari kesembuhan pasien saja tetapi dari sikap, pengetahuan, keterampilan petugas, dalam memberikan pelayanan, komunikasi, informasi, sopan santun, tepat waktu, serta tersedianya sarana dan prasarana dan lingkungan fisik yang memadai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pelayanan dengan kepuasan pasien di rumah sakit. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain crosectional. Hasil penelitian ini yaitu analisis univariat pada kualitas pelayanan di bagian pendaftaran ditunjukkan bahwa 45 responden (49,5%) baik, 26 responden (28,6%) menilai cukup baik dan 20 responden (22%) menilai kurang baik. Hasil penilaian untuk kepuasan pasien, yaitu 35 responden atau sebesar (38,5%) puas, 35 responden (38,5%) cukup puas, dan 21 responden (23,1%) kurang puas. Analisis bivariat dengan menggunakan uji chi-square diperoleh p value 0,000 (nilai p=0,05) yang berarti ada hubungan kualitas pelayanan di bagian pendaftaran dengan kepuasan pada pasien rawat jalan di RSIA Muhammadiyah Kota probolinggo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kholifatur Rosyidah, Anis Tri Sugiyarti, Eka Yusmanisari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.