Hubungan Kualitas Pelayanan di Bagian Pendaftaran Dengan Kepuasan Pada Pasien Rawat Jalan di RSIA Muhammadiyah Kota Probolinggo

Authors

  • Kholifatur Rosyidah Stikes Arrahma Mandiri Indonesia Pasuruan.
  • Anis Tri Sugiyarti Stikes Arrahma Mandiri Indonesia Pasuruan
  • Eka Yusmanisari Stikes Arrahma Mandiri Indonesia Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.59141/jsi.v6i01.70

Keywords:

Kualitas, pelayanan, kepuasan pasien

Abstract

Penilaian terhadap kualitas pelayanan tidak hanya dilihat dari kesembuhan pasien saja tetapi dari sikap, pengetahuan, keterampilan petugas, dalam memberikan pelayanan, komunikasi, informasi, sopan santun, tepat waktu, serta tersedianya sarana dan prasarana dan lingkungan fisik yang memadai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pelayanan dengan kepuasan pasien di rumah sakit.  Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain crosectional. Hasil penelitian ini yaitu analisis univariat pada kualitas pelayanan di bagian pendaftaran ditunjukkan bahwa 45 responden (49,5%) baik, 26 responden (28,6%) menilai cukup baik dan 20 responden (22%) menilai kurang baik. Hasil penilaian untuk kepuasan pasien, yaitu 35 responden atau sebesar (38,5%) puas, 35 responden (38,5%) cukup puas, dan 21 responden (23,1%) kurang puas. Analisis bivariat dengan menggunakan uji chi-square diperoleh p value 0,000 (nilai p=0,05) yang berarti ada hubungan kualitas pelayanan di bagian pendaftaran dengan kepuasan pada pasien rawat jalan di RSIA Muhammadiyah Kota probolinggo.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-12-02

How to Cite

Rosyidah, K., Tri Sugiyarti, A. ., & Yusmanisari, E. . (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan di Bagian Pendaftaran Dengan Kepuasan Pada Pasien Rawat Jalan di RSIA Muhammadiyah Kota Probolinggo. Jurnal Sehat Indonesia (JUSINDO), 6(01), 150–160. https://doi.org/10.59141/jsi.v6i01.70