Analisis Pengaruh Faktor-Faktor yang Menentukan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Samsung di Kota Pontianak
Keywords:
Citra Merek, Kualitas Layanan, Kepercayaan KonsumenAbstract
Perkembangan pasar smartphone di Kota Pontianak yang semakin kompetitif mendorong pentingnya pemahaman faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Persaingan ini mendorong perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen, seperti citra merek, kualitas layanan, dan kepercayaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas layanan, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 150 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 25. Hasil pengujian menunjukkan citra merek, kualitas layanan dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,731 yang menunjukkan pengaruh citra merek, kualitas layanan dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian sebesar 73,10 persen. Temuan ini mengimplikasikan bahwa perusahaan perlu secara konsisten membangun citra merek yang kuat melalui diferensiasi produk dan kampanye pemasaran yang efektif. Di sisi lain, peningkatan kualitas layanan dengan fokus pada kecepatan respon dan kesopanan karyawan menjadi faktor krusial dalam menarik minat konsumen. Selain itu, penguatan kepercayaan konsumen melalui jaminan produk dan layanan purna jual yang transparan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pelaku bisnis dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif di pasar smartphone Pontianak.
Downloads
References
Alhaddad, A (2015). The Effect of Brand Attitude and Brand Image on Brand Equity. Journal of Marketing Theory and Practice, 9(3), 61-75.
Arianto, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan dan Loyalitas Pengunjung Dalam Menggunakan Jasa Hotel Rizen Kedaton Bogor. Universitas Pamulang.
Armanto, I. D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Triple Play. E-Jurnal Manajemen,7(3), 1282-1309.
Daulay, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Ayam Penyet Surabaya Jl. Dr. Mansyur Medan). Skripsi. Medan.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen) (5th ed.).
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Pasuruan: Penerbit Qiara Media.
Keller, K. L. & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity. New York: Pearson.
Kotler, P. dan Keller, K. L. (2013). Marketing Management, 14th Edition. Pearson Education Limited.
Kotler, P & Keller, K. L. (2016). A Framework for Marketing Management, Sixth Edition, Global Edition. England: Pearson.
Lusiah. (2018). Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Hasil Penelitian pada Mahasiswa Universitas Swasta di Kota Medan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
McKnight, D. H., & Chervany, N. L. (2014). Conceptualizing Trust: A Typology and e-Commerce Customer Relationships Model. Proceedings of the 34th Hawaii International Conference on System Sciences
Mowen, J. C. & Minor, M. (2013). Perilaku Konsumen Jilid 1 Edisi kelima. (Alih Bahasa Yoga). Jakarta.
Nugraheni, M. (2016). Analisis Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Wonosobo. Skripsi. Yogyakarta.
Paliszkiewicz, J., & Klepacki, B. (2013). Tools of Building Customer Trust.Warsaw University of Life Sciences.
Setiadi, J. (2016). Perilaku Konsumen (edisi revisi). Jakarta: Kencana Perdana.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: CV Andi.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4: CVAndi.
Wahyono. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen. Management Analysis, 7(1), 111-119.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andry Lindi Lim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.