Hubungan Tingkat Pengetahuan Genital Hygiene terhadap Perilaku Genital Hygiene pada Remaja Putri
DOI:
https://doi.org/10.59141/jsi.v7i01.226Keywords:
Pengetahuan, Perilaku, Genital Hygiene, Genitalia wanita, Organ ReproduksiAbstract
Masa remaja merupakan suatu transisi dari masa kanak-kanak dan bertumbuh sepanjang bertambahnya usia menjadi masa pendewasaan yang ditandai dengan perubahan secara psikologis maupun biologis. Dalam masa reproduksi, seorang remaja terutama pada remaja putri memerlukan banyak edukasi untuk menciptakan kebiasaan praktik dalam menjaga kesehatan reproduksi dengan baik agar terhindar dari penyakit infeksi saluran reproduksi, Oleh karena itu penting bagi remaja putri untuk menerapkan perilaku genital hygiene. Genital Hygiene yakni praktik dan perilaku yang berkontribusi untuk menjaga kebersihan organ reproduksi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan genital hygiene terhadap perilaku penerapan genital hygiene. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik observasional dengan menggunakan desain cross-sectional. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswi aktif kelas 2 di SMKN 1 Karawang. Hasil penelitian mengemukakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan secara statistik antara tingkat pengetahuan genital hygiene terhadap perilaku penerapan genital hygiene. Pada responden dengan tingkat pengetahuan baik dan cukup, didapatkan adanya perilaku yang cenderung baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa remaja putri yang memiliki tingkat pengetahuan yang baik pada umumnya juga memiliki perilaku penerapan genital hygiene yang baik juga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indriyanti Nur Permadi, Julius Chandra Yapri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under aCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC-BY-SA). that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.