Pengaruh Kualitas Pelayanan, Infrastruktur Teknologi Informasi, dan Ketersediaan Tenaga Medis Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Swasta

Authors

  • Tania Salendra Universitas Pelita Harapan
  • Marlyn Suciningtias Universitas Pelita Harapan
  • Fenia Tandy Universitas Pelita Harapan
  • Innocentius Bernarto Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.59141/jsi.v6i02.181

Keywords:

Infrastruktur Teknologi Informasi Teknologi, Kepuasan Pasien, Ketersediaan Tenaga Medis, Kualitas Pelayanan

Abstract

Menurut Undang-Undang Kesehatan, kesehatan adalah hak asasi manusia dan merupakan salah satu elemen penting dalam kesejahteraan. Rumah sakit sebagai penyedia layanan kesehatan harus mengambil berbagai langkah untuk meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak kualitas pelayanan, infrastruktur teknologi informasi dan ketersediaan tenaga medis terhadap kepuasan pasien di rumah sakit swasta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan Google Form. Populasi penelitian adalah seluruh anggota keluarga pasien di rumah sakit X, dengan teknik pengambilan sampel non-probability samplingyang kemudian menghasilkan 187 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, infrastruktur teknologi informasi dan ketersediaan tenaga medis berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Oleh karena itu, rumah sakit swasta perlu memperhatikan faktor-faktor ini untuk meningkatkan kepuasan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Salendra, T., Suciningtias, M., Tandy, F., & Bernarto, I. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Infrastruktur Teknologi Informasi, dan Ketersediaan Tenaga Medis Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Swasta. Jurnal Sehat Indonesia (JUSINDO), 6(02), 924–933. https://doi.org/10.59141/jsi.v6i02.181