Hubungan Kepuasan Keluarga Pasien Terhadap Respon Time Perawat di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang

Authors

  • Tiara Mawartika Universitas Pendidikan Indonesia
  • Popon Haryeti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Heri Ridwan Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/jsi.v6i02.130

Keywords:

Instalasi Gawat Darurat, Respon Time, Kepuasan Keluarga Pasien

Abstract

Instlasi Gawat Darurat (IGD) adalah memberikan perawatan medis terbaik kepada setiap pasien yang diintegrasikan ke dalam aksi untuk Kondisi Darurat untuk mencegah kematian atau kecacatan. Waktu tanggap adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk menangani pasien sejak pasien tiba hingga pengobatannya selesai. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah keluarga yang berada di ruangan IGD RSUD Sumedang yang mengantar kelyarga dari awal masuk sampai dilakukan tindakan, jumlah sampel 55 responden, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan korelasional, Penelitian ini menggabungkan desain studi cross-sectional dengan metode observasional.  penelitian yang menggunakan studi cross-sectional, yang merupakan strategi sementara yang tidak dipertahankan untuk jangka waktu yang lama. Pengambilan dan pengumpulan data menggunakan perangkat lunak aplikasi computer JASP 18.2.  gambaran kepuasan keluarga terdapat respon time sebagian besar mengatakan puas sebanyak (87,27%), hasil dari respon time yaitu 3 menit pemeriksaan pada 10 pasien (18.1%), 4 menit pada 18 pasien (32.7%), 5 menit pada 7 pasien (12.7%), dan respon time lambat dari 55 pasien terhitung 6 menit pada 17 pasien (30.9%), 7 menit pada 3 orang pasien (5.4%).  Hasil Dari Hubungan kepuasa keluarga terhadap respon time yaitu Di dapatkan uji Rank Spearman terdapat hubungan yang signifikan antara variabel respon time terhadap kepuasan keluarga pasien dengan nilai sig p =<0.001 (<0.005), berarti disini adanya hubungan antara respon time terhadap kepuasan keluarga pasien yang cukup kuat hubungannnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-15

How to Cite

Mawartika, T., Haryeti, P., & Ridwan, H. (2024). Hubungan Kepuasan Keluarga Pasien Terhadap Respon Time Perawat di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang. Jurnal Sehat Indonesia (JUSINDO), 6(02), 843–853. https://doi.org/10.59141/jsi.v6i02.130